Ekonom: BLT Idealnya 1,2 Juta Rupiah Per Bulan

- 16 Oktober 2020, 22:12 WIB
BLT Rp600 Ribu Subsidi Gaji Gelombang 2 Segera Cair Perhatikan Syarat Ini Agar Terhindar dari Sanksi /Mantra Sukabumi/

BERITABULUKUMBA.COM - Saat ini bantuan Langsung Tunai (BLT) dinilai belum mencukupi karena BLT misalnya hanya Rp 600 ribu per orang per bulan. Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira, mengatakan bahwa idealnya Rp 1,2 juta per bulan per orang dengan asumsi setiap orang menanggung tiga anggota keluarganya.

Baca Juga: Rupiah Ambruk di Level Terbawah Asia

"Idealnya pemerintah harus menaikkan BLT sebesar Rp600 ribu per orang menjadi Rp1,2 juta per orang per bulan," jelasnya kepada media, Jumat 16 Oktober 2020. 

Baca Juga: Gatot: Demokrasi Harus dibangun di atas Hukum yang Adil

Bhima menguraikan, masyarakat yang termasuk dalam kelompok 40 persen terbawah akan sangat terdampak resesi. Saat resesi, masyarakat diimbau untuk memiliki tabungan dan dana darurat yang cukup guna mengantisipasi berkurangnya atau bahkan hilangnya pendapatan. 

"Namun kelompok ini bahkan tidak memiliki tabungan karena pendapatan yang didapat sudah habis untuk memenuhi kebutuhan pokoknya," jelasnya.

Baca Juga: FPI: Dubes Membiarkan Imam Besar Habib Rizieq Dicekal Pemerintah Saudi

Kelompok masyarakat menengah atas di masa pandemi Covid-19 dan saat gejala resesi terjadi justru menimbun dananya di produk tabungan yang mudah dicairkan atau produk investasi surat berharga pemerintah untuk memperoleh keuntungan jangka panjang.

"Dalam jangka pendek, mereka cenderung melipatgandakan dana darurat untuk mengantisipasi jika resesi ekonomi terjadi secara berkepanjangan," ungkapnya.

Baca Juga: IPW: Penangkapan Petinggi KAMI untuk Menguji Nyali Gatot Nurmantyo

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X