Positif Narkoba Cawabup Barru Digugurkan KPU, Hasil Tes Pembanding Justru Negatif

- 15 September 2020, 02:26 WIB
Hasil test pembandin yang dilakukan Andi Mirza Riogi /BeritaBulukumba.Com/Istimewa

BERITABULUKUMBA.COM - Dianggap tidak memenuhi syarat, Andi Mirza Riogi sebaai calon Wakil Bupati Barru digugurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Pasangan dari bakal calon Bupati Suardi Saleh yang merupakan petahana ini sesuai hasil tes kesehatan dinyatakan positif narkoba.

Merujuk pada rekomendasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel, sebagai bagian tim pemeriksa kesehatan, bersama IDI dan  Himpunan Psikologi Indonesia, Andi Mirza Riogi dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) untuk maju sebagai kepala daerah di Kabupaten Barru, karena positif narkoba pada tes pemeriksa kesehatan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sulawesi Selatan.

KPU Barru lalu memberikan waktu 3x24 jam mengganti pasangan calon sesuai peraturan KPU Nomor 1 dan Nomor 6. 

"Andi Mirza Riogi Idris dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon Wakil Bupati Barru dikarenakan positif narkotika. Konsekuensi bagi Andi Riogi yang telah dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat) sebagai calon wakil bupati yaitu didiskualifikasi sebagai kandidat," ujar Ketua KPU Barru Syarifuddin H Ukkas kepada awak media, Senin 14 September 2020.

Untuk memastikan dirinya sama sekali tidak terjerat narkoba, Andi Mirza Riogi atau yang akrab disapa Andi Ogi telah melakukan tes pembanding di Prodia. Hasil pemeriksaan urinenya, untuk jenis amphetamin, benzodiazepi, kokain, ganja dan morfin, semua dinyatakan negatif.

Mertua Andi Mirza Riogi yang juga mantan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang mengatakan, dirinya tidak yakin menantunya adalah pengguna narkoba. Menurut Agus, Andi Ogi setiap hari selalu bersama dengan keluarga besarnya.

Agus mengemukakan, keluarga sudah berembuk dan menyerahkan semua yang terkait dengan permasalahan ini kepada tim hukum untuk ditindaklanjuti dan diperjuangkan sesuai koridor.

“Dia tidak tidak pernah ada riwayat sebagai pengguna.Kami lakukan second opinion. Tadi saya sudah minta dia (Andi Ogi), untuk lakukan tes narkoba ulang di Prodia, dan hasilnya negatif. Tapi harus ada pemeriksaan lagi di tempat lain yang lebih berkompeten, sebagai pembanding. Tapi hari ini Minggu, jadi libur semua. Mungkin besok kita tes lagi,” urai Agus kepada awak media, Ahad 13 September 2020.

“Kami tidak ingin menyebut jika ada yang menjebak Andi Mirza Riogi. Tapi akhir-akhir ini dia aktif sosialisasi. Bisa saja saat ngopi, makanan atau merokok bareng disusupi, tapi dia tidak tahu. Dan ini bisa apa saja. Toh menurut info yang diterima diduga terindikasi ganja, dan itu sangat-sangat tidak terduga,” imbuhnya.

Agus mengungkapkan masalah ini sudah dibahas dengan keluarga besar dan partai pengusung. Pihak keluarga, tutur Agus, sangat yakin Andi Ogi tetap bisa lolos mendampingi bakal Calon Bupati Barru Petahana, Suardi Saleh.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X