Sebanyak 113 Oknum Polisi Dipecat, Mayoritas Kasus Narkoba

- 26 Oktober 2020, 10:13 WIB
Ilustrasi narkoba. //HANDOUT

BERITABULUKUMBA.COM - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono dalam keterangan resminya memaparkan bahwa sebanyak 113 oknum polisi yang terlibat pelanggaran berat dan dipecat sebagai anggota Polisi. Mayoritas terseret kasus tindak pidana narkoba

"Dari 113 oknum yang terlibat pelanggaran berat dan dipecat sebagai anggota polisi, mayoritas terseret kasus tindak pidana narkoba. Tindakan tegas oknum polisi yang terlibat dalam berbagai pelanggaran berat khususnya narkoba dipecat. Sepanjang Januari sampai Oktober ada 113 orang terlibat pelanggaran berat," kata Argo, Ahad 25 Oktober 2020.

Baca Juga: MAKI: Kenapa Polisi Tersangka Dapat Jamuan ala Restoran?

Sebelumnya, Jenderal Polisi Idham Azis menginstruksikan penyidik untuk menjerat oknum anggota Polri yang terlibat kasus tindak pidana narkoba dengan hukuman mati.

Pengamat Kepolisian Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) Ilhamdi Taufik menilai, hal itu disebabkan pimpinan polri yang muak dengan perilaku menyimpang anak buahnya.

Baca Juga: Sebut Moeldoko Bermental Komprador, Facebooker Ini Diciduk Polisi

"Begitu Kompol Imam itu tertangkap di Kota Pekanbaru, lalu polisi meminta hukuman mati. Ini suatu statement yang cukup menggugah, walaupun ada sebagain masyarakat pesimis. Namun baru kali ini pimpinan polri menyerukan sedemikan dahsyatnya. Karena apa? Karena mereka telah muak melihat kejahatan-kejahatan yang dilakukan para anak buahnya. Dan ini sudah menjadi rahasia umum," kata Ilhamdi Taufik, Senin 26 Oktober 2020.

Baca Juga: Oknum Polisi Bulukumba Pemilik Shabu Sudah Desersi Dua Tahun

Ilhamdi mengungkapkan, akuntabilitas dan transparansi polri dalam membuka keterlibatan aparat itu patut diapresiasi. 

"Ada transparansi dan akuntabilitas jika aparat hukum terlibat dalam sirkulasi hitam narkoba ini. Misalnya running teks yang saya baca dari Kapolri itu," ungkapnya.***

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X