Mahasiswi Ini Tertarik Meneliti Sistem Pertanian Alami di Salassae Bulukumba

- 1 Oktober 2020, 16:22 WIB
SUHARTINA mahasiswi Antropologi Sosial Unhas Makassar* /BeritaBulukumba.Com/Alfian Nawawi/SP

BERITABULUKUMBA.COM - Sistem pertanian alami yang sejak lama dikembangkan petani di Desa Salassae Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba menyedot perhatian seorang mahasiswi. Suhartina nama gadis cantik ini. Lebih akrab disapa Tina. Ia seorang mahasiswi semester akhir Jurusan Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di UNHAS Makassar.  

Saat ini Tina sedang melakukan penelitian sistem pertanian alami atau natural farming yang dikembangkan warga Desa Salassae. Kampung kelahiran dan tempat Tina melalui masa kanak-kanak dan remaja adalah Desa Bonto Matajang Kecamatan Sinoa Kabupaten Bantaeng.

Baca Juga: Petani Inovatif Ini Kembangkan Sarabba dan Kopi Jahe Merah Instant

"Sebagai negara agraris dan corak kehidupan secara umum adalah pertanian, maka masa depan Indonesia akan ditentukan oleh petani millenial hari ini. Terlepas dari tugas kuliah saya memang ingin banyak belajar pertanian," ungkap Tina saat dikonfirmasi BeritaBulukumba.Com di Salassae, Kamis 1 Oktober 2020.

SUHARTINA bersama komunitas petani KSPS*
SUHARTINA bersama komunitas petani KSPS* Alfian Nawawi/SP

Gadis yang lahir pada tahun 1999 ini mengungkapkan, ia akan melakukan penelitian sistem pertanian alami yang telah dikembangkan oleh Komunitas Swabina Pedesaan Salassae (KSPS). Rencananya penelitian yang dilakukan Suhartina berlangsung hingga Desember 2020.

Baca Juga: Petani Muda Bulukumba Ini Membuat Sendiri Pupuk Ramah Lingkungan

Secara spesifik dasar ketertarikan Suhartina memilih melakukan penelitian di KSPS karena tertarik dengan dengan sistem pertanian yang telah dikembangkan di komunitas tersebut, ia juga tertarik mengeksplorasi riset terhadap seputar tumbuh kembang komunitas tersebut.

Tina akan meneliti bagaimana petani di desa ini mampu mengadopsi pendekatan agroecology, menghindarkan petani dari beban biaya tinggi akibat penggunaan bahan kimia, sekaligus meningkatkan kesehatan petani dan lingkungan.

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila Pejabat Bulukumba Ikuti Secara Virtual

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X