Pakan Ternak 'Kuasai' Jalan, Sudah Memakan Korban Kecelakaan

- 20 Oktober 2020, 21:21 WIB
Rumput gajah yang 'menguasai' jalanan umum di Dusun Kaseseng.* /BeritaBulukumba.Com/Istimewa

BERITABULUKUMBA.COM - Tumbuh menjulang tinggi dan nyaris 'menguasai' badan jalan dengan sangat lebat, tanaman pakan ternak jenis rumput gajah yang dibudidayakan warga di Dusun Kaseseng, Desa Baruga Riattang, Kecamatan Bulukumpa, Poros Mallenreng Sinjai Borong terlihat agak aneh. Lantaran ditanam di pinggir jalan. 

Seorang warga setempat yang tidak ingin disebutkan identitasnya mengungkapkan, tanaman tersebut pernah mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. 

Baca Juga: Pelatihan Kader Posyandu Tanete, Siap Jadi Pengelola dan Bukan Hanya Pelaksana

"Pernah terjadi peristiwa kecelakaan pada Hari Lebaran Idul Adha lalu, terjadi tabrakan mobil dan motor gara-gara rumput yang menghalangi pandangan pengendara," ungkapnya kepada Bulukumba.Pikiran-Rakyat.Com, Selasa 20 Oktober 2020.

Rumput gajah dengan berbagai varietasnya adalah rumput berukuran besar bernutrisi tinggi yang biasanya dipakai sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing, dan lainnya.

Baca Juga: Kampung Zakat Kahayya di Bulukumba, Bukti Kekuatan Umat

Saat ditanya siapa pemilik tanaman tersebut, warga itu tidak menjelaskan secara rinci. Namun pengakuannya, rumput gajah itu ditanam dan dibudidayakan oleh seorang warga setempat. 

Penanaman rumput gajah dapat dilakukan secara tumpang sari dengan tanaman lain, misalnya ketela atau jagung.

Baca Juga: Para Saptamargais Ini Tak Pernah Tinggalkan Sholat Berjamaah Meskipun di Kebun

Tanaman ini berfungsi untuk mengurangi terpaan hembusan angin yang merobohkan tanaman lain.Penanaman rumput gajah dapat dilakukan di ladang dan pematang sawah. Laju pertumbuhan tanaman rumput gajah relatif cepat karena memiliki respons tinggi terhadap tanah yang subur.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X