Lebih dari Sekadar Prasasti, Ini Tugu Cinta dan Kenangan TNI-Rakyat di Desa Kindang

- 27 Oktober 2020, 17:13 WIB
PRASASTI TMMD ke 109 Kodim 1411 Bulukumba di Desa Kindang.* /BeritaBulukumba.Com/Istimewa

BERITABULUKUMBA.COM - Warga Desa Kindang di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba akan melalui hari-hari yang sunyi kembali seperti biasa. Gemuruh bunyi alat-alat berat dan suara tawa kelakar para prajurut TNI dengan warga kini tak terdengar lagi. Sederet kenangan niscaya tetap tertinggal di desa yang yang terletak di kaki Gunung Lompobattang itu. 

Sebuah tugu sudah berdiri kokoh di lokasi TMMD sebagai tanda telah berakhirnya pelaksanaan TMMD. Dengan warna hijau khas uniform TNI-AD tugu itu dimaksudkan sebagai sebuah prasasti. Sebongkah kenangan dan cinta, nilai-nilai, kearifan lokal. manunggalnya TNI dengan rakyat, dan masih banyak lagi akan dikenang oleh warga setiap kali menyentuh danmemandang prasasti itu.

Baca Juga: Peduli Sesama, Klub Motor ini Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

Berakhirnya TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-109 Kodim 1411 Bulukumba telah memberikan yang terbaik kepada warga Desa Kindang yang memang sangat diharapkan dan dinantikan warga Desa Kindang selama ini. Hal tersebut begitu nyata dari sasaran fisik yang dikerjakan di beberapa lokasi TMMD. Pembangunan talud, perintisan jalan, pembangunan MCK, sunatan masal, pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis, bantuan sembako, dan masih banyak lagi lainnya telah dilakukan Satgas TMMD. Semua itu sangat berarti bagi warga Desa Kindang

Semua pekerjaan tersebut kini rampung 100 persen. Pekerjaan pembangunannya juga bukan main-main tetapi pekerjaan yang dilakukan dengan sangat maksimal. 

Baca Juga: Pemuda Desa Anrang Berinovasi Buka Ruang Belajar Al Qur'an Khusus Dewasa

Salah satu tokoh masyarakat Kindang Andi Guling mengungkapkan, semua sasaran fisik dan non fisik yang telah dibangun oleh Satgas TMMD sangat berarti bagi warga Desa Kindang, termasuk pembangunan MCK ini

"Dengan dibangunnya semua fasilitas umum khususnya MCK, warga Desa Kindang akan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, karena MCK yang dibangun merupakan MCK berstandar kesehatan," ungkapnya, Selasa 27 Oktober 2020.

Dandim 1411 Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto, S.Pd selaku Dansatgas TMMD 109 mengatakan bahwa pembangunan MCK tersebut merupakan sasaran tambahan dan bantuan langsung dari Pangdam XIV/Hasanuddin agar masyarakat bisa hidup sehat.

"Kegiatan ini juga untuk menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat guna memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X