Mural Cantik Kreasi Warga di Kota Tanpa Kumuh

- 5 November 2020, 15:34 WIB
BUPATI Bulukumba sedang mengagumi lukisan mural 3D di Lingkungan Ekadamai Kelurahan Ela-Ela Kota Bulukumba.* /Bulukumba.Pikiran-Rakyat.Com/Istimewa

BERITABULUKUMBA.COM - Lukisan mural yang cantik dalam bentuk 3D menghiasi dinding dan pagar rumah warga di Lingkungan Ekadamai, Kelurahan Ela-Ela, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba. Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali mengaku takjub dan menyempatkan diri berfoto dengan latar mural tersebut. 

Lukisan 3D kreasi warga tersebut merupakan salah satu buah manis dari Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kabupaten Bulukumba. Bupati Bulukumba meresmikan hasil kegiatan Kotaku di Kelurahan Ela-Ela pada Kamis 5 November 2020.

Baca Juga: Debat Publik disiarkan langsung tiga media dari Bulukumba

Bupati AM Sukri Sappewali menyampaikan bahwa tujuan dari program ini adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan dan mencegah timbulnya permukiman kumuh baru dalam rangka untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan. Maka Pemerintah Kabupaten Bulukumba, senantiasa berupaya mewujudkan terpenuhinya hak-hak dasar kehidupan bagi masyarakat, melalui kolaborasi kegiatan pemberdayaan seperti ini.

“Harapan kita, pembinaan kepada masyarakat marginal pemerintah dan stakeholder lainnya senantiasa dapat terus dilakukan, sehingga betul-betul dapat mengangkat derajat kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Tak usah ke Makassar, cukup mengakses Live Debat Kandidat melalui media-media ini

AM Sukri Sappewali juga sangat mengapresiasi penandatanganan MOU antara Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) dengan Bappeda Bulukumba dan Team Leader Kotaku Sulawesi Selatan, sebagai upaya dari pelibatan UMB dalam pembangunan daerah dan pengabdian kepada masyarakat.

Ditandai dengan penandatanganan prasasti tanda selesainya kegiatan Program Kotaku dengan anggaran Rp.1 milyar berupa pembangunan rehabilitasi jalan paving blok dan drainase, pembuatan sumur gali dan pembuatan taman serta penghijauan. Usai acara peresmian, Bupati AM Sukri Sappewali berkeliling di lokasi program Kotaku, termasuk meninjau kebun sayur organik yang dikelola masyarakat setempat.

Baca Juga: Bawaslu Bulukumba: Semua Wajib Pilih Harus Terdaftar di KPU

Program Kotaku merupakan salah satu upaya strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan, akses air minum layak, serta akses sanitasi layak. Program Kotaku dalam pelaksanaannya berbasis kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainya dengan memposisikan masyarakat dan pemerintah kabupaten sebagai pelaku utama.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X