Kapolres Mimika: Sebagian Besar KKB Tinggalkan Tembagapura

- 14 September 2020, 18:39 WIB
Ratusan warga Kimbeli dan kampung-kampung sekitar Kota Tembagapura berjalan kaki dari kampung mereka menuju Tembagapura untuk meminta dievakuasi ke Timika lantaran ketakutan dengan kehadiran Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Minggu 8 Maret 2020. /HUMAS POLRI via ANTARA/

BERITABULUKUMBA.COM - Sebagian besar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua telah meninggalkan lokasi wilayah Distrik Tembagapura dan kembali ke wilayah masing-masing. Demikian keterangan yang disampaikan oleh Kepala Kepolisian Resor Mimika, Papua, AKBP IGG Era Adhinata.

"Setelah meninggalnya Hengky Wanmang, salah satu pimpinan KKB Kali Kopi, dari hasil monitoring kami sebagian besar KKB yang masuk ke wilayah Distrik Tembagapura sudah kembali ke wilayah mereka. Kelompok yang kembali itu yakni Kelompok Lekagak Telenggen dan lainnya," kata AKBP Era Adhinata di Timika, dikutip dari Antara, Senin 14 September 2020.

Hengky Wanmang tewas di Kali Kopi, Mimika pada 16 Agustus lalu ketika tim gabungan TNI-Polri menggerebek markasnya di kawasan tersebut. Sedangkan Lekagak Telenggen merupakan pimpinan KKB Yambi yang berbasis di Kabupaten Puncak Jaya.

"Kami masih terus melakukan monitoring. Sebagian besar sudah kembali ke wilayahnya, yang sekarang tertinggal di sana yaitu KKB yang memang berada di wilayah Mimika," ujar Era Adhinata.

Jika memang kondisi keamanan di wilayah itu benar-benar sudah siap, maka aparat bersama Pemkab Mimika dan PT Freeport Indonesia akan mempersiapkan rencana mengembalikan seribuan warga tiga kampung itu yang sementara ini mengungsi ke Timika pada Maret lalu.

Sejak awal Maret lebih seribuan warga Waa-Banti, Kimbeli dan Opitawak diungsikan ke Timika ketika beberapa kelompok KKB dibawah komandan operasi Lekagak Telenggen memasuki wilayah Distrik Tembagapura pada Februari lalu.

Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw beberapa waktu lalu menginformasikan ada rombongan besar KKB termonitor masuk ke wilayah Distrik Tembagapura pada 14 Februari 2020. Mereka merupakan gabungan dari empat kelompok KKB yang dipimpin oleh Lekagak Telenggen.***

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Bendung Katulampa Bogor Status Siaga Satu

21 September 2020, 20:24 WIB

Terdengar Dentuman Misterius di DKI Jakarta

20 September 2020, 23:20 WIB

Ketua KPU Arief Budiman Positif Covid-19

19 September 2020, 02:07 WIB

Menhub Libatkan YouTuber, Begini Alasannya

18 September 2020, 14:41 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X