Peneliti LIPI: Indonesia Perpustakaan Besar Riset Obat Mutakhir

- 17 September 2020, 10:54 WIB
Seorang dokter laboratorium di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, bersiap untuk melakukan pengujian asam nukleat pada spesimen coronavirus baru di Chongqing, Tiongkok, pada 3 Mei 2020.* /BUSINESS INSIDER/

BERITABULUKUMBA.COM -  Kekayaan alam termasuk keanekaragaman  hayati di bumi Indonesia menjadikan negeri ini punya potensi luar biasa besar untuk penemuan, riset, dan pengembangan obat-obat mutakhir. Diperkirakan 28.000 jenis tumbuhan ada di hutan tropis Indonesia. Demikian diutarakan peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Masteria Yunovilsa Putra.

"Biodiversitas Indonesia menyimpan potensi besar untuk penemuan dan pengembangan obat. Perkiraan 28.000 lebih jenis tumbuhan terdapat di hutan tropis Indonesia," ungkap Masteria Yunovilsa Putra, dikutip BeritaBulukumba.Com dari Antara, Kamis 17 September 2020.

Fakta itu menjadikan Indonesia merupakan perpustakaan besar untuk penemuan obat baru karena memiliki kekayaan dan keanekaragaman hayati yang melimpah. Begitu salah satu uraian Masteria dalam seminar internasional virtual tentang Biodiversitas Indonesia "Mainstreaming Biodiversity Conservation, Bioprospection, and Bioeconomy for Sustainable Livelihood"

Kekayaan berlimpah dari keanekaragaman jenis tumbuhan Indonesia memiliki peluang untuk dikembangkan di industri farmasi, urai Masteria. Sementara lautan, lanjutnya,  meliputi lebih dari 70 persen wilayah Indonesia, merupakan sumber daya yang hampir belum dimanfaatkan untuk penemuan obat baru.

Dari data yang ada, terdapat lebih dari 100 senyawa laut telah diisolasi dari organisme laut Indonesia, seperti spons, soft coral, tunicate, alga, dan dilaporkan di lebih dari 70 publikasi jurnal ilmiah. Mulai bakteri, jamur, mikro-dan makro-alga, sianobakteri (cyanobacteria) hingga invertebrata laut menghasilkan bahan dengan berbagai aktivitas biologis, misalnya antikanker, antibakteri, dan antivirus.***

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Bendung Katulampa Bogor Status Siaga Satu

21 September 2020, 20:24 WIB

Terdengar Dentuman Misterius di DKI Jakarta

20 September 2020, 23:20 WIB

Ketua KPU Arief Budiman Positif Covid-19

19 September 2020, 02:07 WIB

Menhub Libatkan YouTuber, Begini Alasannya

18 September 2020, 14:41 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X