Materi Khutbah Shalat Jumat Disiapkan Kemenag RI

- 20 Oktober 2020, 18:01 WIB
ILUSTRASI Shalat Jumat dengan penerapan physical distancing.* /Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO

BERITABULUKUMBA.COM - Ke depan para khatib Shalat Jumat tidak lagi menyiapkan naskah khutbah yang akan dibawakannya dalam khutbah Jumat. Materi naskah khutbah Shalat Jumat akan didistribusikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Hal itu diterangkan oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Ia mengatakan pihaknya menginginkan penyajian khutbah Jumat yang mencerdaskan dan jauh dari provokasi. 

Baca Juga: Para Dosen Dukung Mahasiswa Geruduk Istana Jokowi

"Pusat syiar moderasi beragama demi mewujudkan agama Islam yang damai dan mendukung stabilitas beragama serta bernegara. Namun, ada juga fenomena khutbah Jumat yang berisi materi provokatif," kata Kamaruddin dalam Rapat Koordinasi terkait Restra yang digelar secara virtual dan diikuti lebih dari seribu aparatur Kementerian Agama di seluruh Indonesia, dikutip dari laman kemenag.go.id. Selasa, 20 Oktober 2020, 

"Saat ini diperlukan materi khutbah jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman," jelasnya. 

Baca Juga: Polisi Siap Ciduk Penggerak Aksi Rusuh

Salah satu alasan utamanya adalah stabilitas kehidupan beragama di Indonesia tak bisa dilepaskan dari meningkatnya kualitas bimbingan dan penyuluhan agama Islam. Penyuluhan dilakukan, di antaranya melalui standardisasi kompetensi kepenyuluhan agama Islam berbasis kurikulum moderasi beragama.

Kemenag juga akan menyediakan literasi digital yang mendukung peningkatan kualitas para pemuka agama, di antaranya melalui para khatib jumat.  Kemenag juga telah menyiapkan naskah-naskah khutbah Jumat gratis, termasuk naskah khusus untuk disampaikan kepada generasi millenial sebagai bagian penting dari struktur sosial saat ini.

Baca Juga: Kampung Zakat Kahayya di Bulukumba, Bukti Kekuatan Umat

Materi khutbah Jumat dapat diunduh melalui laman https://simbi.kemenag.go.id/. Link itu menyediakan naskah khutbah yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X