Sejumlah Wilayah di Indonesia Terancam La Nina

- 24 Oktober 2020, 09:18 WIB
Hati-hati, Fenomena La Nina Bisa Sebabkan Banjir dan Longsor, Ini Penjelasan dari BNPB /Pikiran Rakyat/

BERITABULUKUMBA.COM - Hasil pantauan BMKG terhadap perkembangan La Nina dengan menganalisa indeks Nino 3.4 menggambarkan anomali suhu muka laut di wilayah Samudera Pasifik Tengah. Sejumlah wilayah di Indonesia terancam cuaca ekstrem imbas La Nina yang akan berlangsung hingga puncaknya di bulan Februari 2021. 

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko menjelaskan La Nina adalah kondisi penyimpangan atau anomali suhu permukaan laut Samudera Pasifik tropis bagian tengah dan timur yang lebih ringan daripada kondisi normalnya.

Baca Juga: PA 212 ke Jokowi: Lebih Baik Mundur Secara Terhormat

Kemudian, dikuti oleh perubahan sirkulasi atmosfer di atasnya berupa peningkatan angin pasat Timuran lebih kuat dari kondisi normalnya dan telah berlangsung beberapa bulan.

"Kondisi La Nina dapat berlangsung dengan durasi selama beberapa bulan hingga 2 tahun," kata Hary dikutip dari Sindonews, Jumat 23 Oktober 2020.

La Nina potensial berdampak pada curah hujan bulanan. Curah hujan meningkat seiring masuknya awal musim hujan. Akumulasi curah hujan 300 mm per bulan umumnya terjadi di pesisir Barat Sumatera Wilayah sekitar Pegunungan Bukit Barisan Kalimantan bagian barat dan Utara sebagian Papua.

Baca Juga: Gatot Menegaskan Tidak Takut Perlakuan Polisi Terhadap Aktivis KAMI

Perubahan di Samudera Pasifik berupa interaksi laut dan atmosfer La Nina terjadi dalam siklus antar-tahunan dikenal sebagai El Nino dengan perulangan kejadian 2 sampai 8 tahun.

"La Nina berdampak pada peningkatan curah hujan di Pasifik barat Indonesia sebagian Asia Tenggara lainnya dan bagian utara Australia Brasil bagian utara dan sebagian pantai barat Amerika Serikat," tambahnya.

Baca Juga: Geger, Brosur Berisi Ajakan Menjarah dan Membakar

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X