Refly Harun Dicecar 16 Pertanyaan oleh Penyidik

- 4 November 2020, 12:18 WIB
Ahli Hukum Tata Negara, Refly Harun. /Youtube/Refly Harun

BERITABULUKUMBA.COM - Refly Harun dicecar 16 pertanyaan oleh pihak penyidik terkait pembuatan video bersama Gus Nur yang diunggahnya ke kanal YouTube belum lama ini.

"Ada 16 pertanyaaan. Intinya menanyakan pembuatan video," kata Refly kepada awak media, Selasa 3 November 2020.

Baca Juga: Pemerintah Daerah Wajib Mempekerjakan Paling Sedikit 2 Persen Difabel

Pakar hukum tata negara ini menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan ujaran kebencian dengan tersangka Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur. Berkaitan dengan wawancaranya dengan Gus Nur yang kemudian diunggah ke kanal YouTube pribadinya. Video tersebut belakangan mendapat sorotan dari NU.

Gus Nur telah ditetapkan sebagai tersangka dan kini telah ditahan oleh penyidik Bareskrim Polri pada 24 Oktober. Penahanan itu dilakukan setelah dirinya dilaporkan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon, Azis Hakim pada 21 Oktober.

Baca Juga: Habib Rizieq: Abaikan Saja Kicauan Kaum Zindiq yang Pura-Pura Bijak

Refly tak menjelaskan secara lugas apakah dalam pemeriksaan itu dirinya ditanya seputar sesi tanya jawabnya dengan Gus Nur saat membuat video atau hanya pembuatan video semata. Namun, ia memastikan video tersebut dibuat secara spontan.

"Ya intinya saya menjelaskan dalam kolaborasi itu kita tidak ada agenda setting, jadi spontan aja. Kalau kolaborasi saya bertanya Anda menjawab, Anda bertanya saya menjawab," ucapnya.

Baca Juga: Ancaman Resesi Siap Menelan Ekonomi Indonesia

Ketika ditanya mengenai apakah dirinya dicecar secara spesifik mengenai ujaran kebencian dalam video tersebut, Refly mengatakan hal itu masih dalam proses penyidikan. Ia menyerahkan sepenuhnya ke kepoilsian.

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X