Pasang Tautan dalam Caption Foto Instagram Bakal Berbayar?

- 14 September 2020, 22:21 WIB
Instagram dan Facebook /Pixabay/LoboStudioHamburg

BERITABULUKUMBA.COM - Meskipun belum ada keterangan resmi dari pihak Instagram tentang dikenakannya biaya untuk tautan yang ditambahkan pengguna dalam caption foto di akun Instagram mereka, namun sudah ramai desas-desus hal itu. Dipicu pop-up yang "mencegat" mata pengguna saat menambahkan URL pada keterangan foto.

Pada pop-up terpampang sederet teks berbunyi: "Apakah pengguna ingin membayar 2 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp30 ribu untuk menayangkan tautan tersebut?"

Teks pop-up itu bersumber dari paten teknologi untuk fitur baru tersebut. Pada tahun 2016, paten telah diajukan oleh Facebook, perusahaan induk Instagram.

Paten berjudul 'menambahkan tautan berbayar ke teks media dalam sistem jejaring sosial' itu menjelaskan bagaimana sistem bekerja, dilansir dari laman The Verge, Senin 14 September 2020.

The Verge mengupas 'jika sistem online mendeteksi konten teks dari teks tersebut termasuk tautan yang mengidentifikasi alamat, online sistem akan meminta pengguna yang mengunggah untuk membayar biaya sebagai imbalan menambah tautan'.

Namun, seperti halnya paten lainnya, bila perusahaan selalu mengajukan paten untuk produk dan layanan yang tidak pernah membuahkan hasil, sehingga belum diketahui pasti apakah atau kapan fitur ini benar-benar terwujud. Jika itu terwujud maka itu berarti pengguna harus merogoh koceknya jika serius menambahkan link dalam caption foto di akun Instagram-nya.***

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: The Verge


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Oppo Edisi Terbaru Hadir Awal Oktober

22 September 2020, 00:51 WIB

Telkomsel Dukung Program Madrasah Digital

22 September 2020, 00:29 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X