Vaksin Covid-19 China Siap Dipakai Publik di Penghujung Tahun

- 15 September 2020, 22:35 WIB
Warga mengantre untuk menjalani tes asam nukleat di sebuah lokasi pengujian sementara, menyusul merebaknya kembali virus corona jenis baru atau COVID-19 di Kota Beijing, China, Selasa (30/6/2020).* /REUTERS/Thomas Peter/

BERITABULUKUMBA.COM - Saat ini para pembuat vaksin di berbagai negara sedang berlomba mengembangkan vaksin yang efektif melawan virus corona atau Covid-19. Para pembuat vaksin di negara-negara Barat awal bulan ini bahkan berjanji untuk menegakkan standar studi ilmiah dan menolak tekanan politik untuk mempercepat proses pengembangan vaksin-vaksin tersebut.

Sementara itu empat vaksin Covid-19 yang dimiliki China sudah berada di tahap akhir uji klinis. Tiga diantaranya telah ditawarkan kepada kepada para pekerja di garda terdepan melawan virus corona dalam program penggunaan darurat di bulan Juli 2020.

Kemungkinan besar vaksin virus corona Covid-19 buatan China siap digunakan secara luas oleh publik pada bulan November mendatang. Demikian pernyataan resmi dari China Center for Disease Control and Prevention (CDC), seperti dikutip dari Reuters, Selasa 15 September 2020.

Sebuah perusahaan raksasa farmasi di China yaitu National Pharmaceutical Group (Sinopharm) dan Sinovac Biotech sedang mengembangkan tiga vaksin di bawah program penggunaan darurat negara bagian di RRC. Vaksin Covid-19 keempat sedang dikembangkan oleh CanSino Biologics dan telah disetujui untuk digunakan di bidang militer oleh pemerintah China pada bulan Juni.

Sinopharm mengatakan pada Juli bahwa vaksin mereka siap untuk digunakan publik pada akhir tahun ini setelah selesainya uji coba fase ketiga. Chief Biosafety, Guizhen Wu mengatakan uji klinis fase tiga berjalan dengan lancar dan vaksin akan siap digunakan pada November atau Desember.

Guizhen pun menerangkan bahwa dirinya tidak mengalami efek samping yang abnormal dalam beberapa bulan terakhir setelah mendapat vaksin eksperimental pada bulan April lalu. Namun tidak ada penjelasan vaksin apa yang sudah diujicobakan ke tubuhnya.***

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Oppo Edisi Terbaru Hadir Awal Oktober

22 September 2020, 00:51 WIB

Telkomsel Dukung Program Madrasah Digital

22 September 2020, 00:29 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X