Rapat Gratis di Google Meet kini dibatasi 60 menit

- 28 September 2020, 01:03 WIB
ILUSTRASI telekonferensi, video conference call, rapat virtual, Google Meet.* /cloud.google.com/

BERITABULUKUMBA.COM - Pandemi mengakrabkan banyak orang dengan rapat virtual di seluruh dunia. Para pemilik akun Google dengan mudah bisa membuka rapat gratis dengan 100 orang bahkan tanpa batas waktu. Namun sayangnya, Google akan segera mengenakan biaya untuk Meet terhitung mulai 30 September. Kebijakan itu memiliki konsekuensi berupa layanan konferensi gratis di layanan tersebut akan dibatasi hanya 60 menit.

Google telah mengeluarkan pernyataan secara resmi,“tidak memiliki apa pun untuk dikomunikasikan terkait perubahan promo dan fitur lanjutan yang akan berakhir,” seperti dilansir Antara dari The Verge, Ahad 2 September 2020.

Baca Juga: Google Rayakan Ultah ke-22 Lewat Doodle, Hari Ini 27 September 2020

Konsekuensi lainnya adalah Google Meet juga akan menyetop akses ke fitur-fitur canggih untuk pelanggan G Suite dan G Suite for Education, rapat yang melibatkan 250 orang, live streaming yang menjangkau 100.000 orang dalam satu domain, dan kemampuan untuk menyimpan rekaman rapat ke Google Drive.

Fitur tersebut biasanya hanya tersedia bagi pelanggan di tingkat “perusahaan” untuk G Suite, dengan biaya 25 dolar AS (sekitar Rp373 ribu) per pengguna per bulan. Sebelumnya Google Meet dan platform konferensi video lainnya telah berusaha mengejar peningkatan Zoom selama pandemi COVID-19, dengan Meet melewati 100 juta peserta setiap hari pada April.

Baca Juga: Siapa Benyamin Sueb yang Nongol di Doodle Google?

Sejumlah layanan Google juga dilaporkan tumbang sejak Jumat lalu. Mengutip Kompas, beberapa layanan Google yaitu Google Meet, Google Drive, serta Google Classroom dilaporkan tidak bisa berfungsi. Halaman Downdetector.id menunjukkan bahwa gangguan tersebut terjadi melanda sejumlah wilayah di Amerika Serikat serta negara-negara di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia.***

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Kompas, Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X