Pembuatan Vaksin Covid-19 Ternyata Ancam Populasi Hiu

- 28 September 2020, 01:35 WIB
ILUSTRASI kawanan hiu yang akan menyerang.* /pixabay

BERITABULUKUMBA.COM - Setengah juta hiu saat ini sedang terancam pembantaian akibat perusahaan obat berkompetisi memproduksi vaksin corona yang dibuat dari organ hati hiu. Demikian diperingatkan oleh para ahli konservasi. Ahli konservasi memperkirakan lebih dari tiga juta hiu dibunuh setiap tahun untuk mendapatkan minyak hati mereka untuk berbagai keperluan, termasuk kosmetik dan oli mesin.

Baca Juga: Rapat Gratis di Google Meet kini dibatasi 60 menit

Kelompok Shark Allies yang berbasis di Amerika Serikat mengatakan fakta ini merupakan bencana bagi hiu dan manusia pelaku utama penyebab kepunahan mereka.

"Squalene yang terbuat dari minyak hati hiu paling sering digunakan karena murah dan mudah didapat, bukan karena lebih efektif dari sumber lain. Ini bisa menyebabkan potensi bencana bagi hiu karena sumber daya ini tidak berkelanjutan dan tidak dapat diandalkan untuk produksi massal vaksin Covid-19," ujar pihak Shark Allies, dilansir dari The Sun, Ahad 27 september 2020.

Sebagai solidaritas dan bentuk perlawanan secara berjamaah, 9000 orang lebih telah menandatangani petisi kelompok Shark Aliies. 

Baca Juga: BMKG: Potensi Tsunami 20 Meter di Pulau Jawa Skenario Terburuk Belum Pasti Terjadi

Beberapa varian vaksin yang sekarang sedang dikembangkan memiliki bahan utama squalene, yakni minyak alami yang hanya bisa diperoleh dari ikan hiu. Salah satu perusahaan farmasi GlaxoSmithKline menggunakan shark squalene sebagai bahan pembantu produksi zat yang digunakan untuk membuat respons kekebalan yang lebih kuat untuk vaksin flu.

Mei 2020 lalu, mereka menyatakan akan memproduksi satu miliar dosis bahan berbasis hiu untuk penggunaan potensial dalam vaksin Covid-19.

Sekitar 3.000 hiu mati dibutuhkan untuk membuat satu ton squalene. Ahli konservasi memperkirakan mengimunisasi populasi dunia hanya dengan satu dosis vaksin virus corona dengan squalene saja akan menyebabkan pemusnahan 250 ribu ekor hiu. Jumlah ini berlipat ganda menjadi setengah juta jika dua dosis diperlukan untuk melindungi orang dari Covid-19.***

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X