TikTok Masih Bisa Bisa Beroperasi Sementara di AS

- 28 September 2020, 22:37 WIB
LOGO TikTok.* /AFP

BERITABULUKUMBA.COM - Untuk sementara TikTok masih bisa beroperasi di Amerika Serikat. Hakim Distrik di Washington, Carl Nichols pada Ahad 27 September waktu setempat, mengeluarkan preliminary injuction agar larangan TikTok di pasar aplikasi dihentikan, dikutip dari Reuters.

Menurut Nichols, pemblokiran terhadap larangan lainnya dari Departemen Perdagangan yang akan melarang kesepakatan teknis dan bisnis dijadwalkan berlaku pada 12 November.

Baca Juga: Kekayaan Cabup Bulukumba, Andi Utta Tertinggi dan Tomy Satria Paling Sedikit

Preliminary injunction yaitu dimana Termohon mendapat notice dan berkesempatan merespons. Preliminary injuction tersebut sebagai hasil respon pengadilan terhadap pemerintah AS yang meminta Apple Inc dan Alphabet Inc melarang memuat aplikasi TikTok. Pihak TikTok menyatakan menerima preliminary injuction tersebut dengan sangat puas.

Pihak ByteDance sebagai pemilik TikTok mengaku masih akan melanjutkan negosiasi yang sementara berjalan dengan pihak pemerintah AS.

Baca Juga: Seniman Ini Membuat Lukisan Raksasa buat Dana Amal Anak-anak

Sementara itu di pihak pemerintah AS, Departemen Perdagangan menyatakan akan mengikuti aturan tersebut. Namun belum ada pernyataan resmi apakah pemerintah AS akan mengajukan banding.

Perintah dari Presiden AS Donald Trump sebelumnya bahwa TikTok diharuskan memecah operasional di AS dalam waktu 90 hari. Pengacara untuk TikTok, John E. Hall, mengatakan larangan tersebut “belum pernah terjadi” dan “tidak rasional” karena negosiasi sedang berlangsung.

“Ini hanya hukuman. Ini cara yang terang-terangan untuk memukul perusahaan. Tidak ada yang mendesak di sini,” kata Hall dalam sidang.***

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X