Google Hangouts 'Pindah Rumah' ke Google Chat

- 17 Oktober 2020, 05:46 WIB
GOOGLE ubah nama aplikasi Hangouts Chat menjadi Google Chat. Aplikasi ini nantinya akan menjadi 'jualan' Google di bidang komunikasi. /GSuite

BERITABULUKUMBA.COM - Google Hangouts 'pindah rumah' ke Google Chat. Google mulai menerapkan kebijakan baru ini pada tahun 2021. Bahkan Google juga akan menghapus dukungan Google Voice dari Hangouts. Untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan, pengguna Hangouts harus bermigrasi ke aplikasi Voice.

"Mulai paruh pertama 2021, semua orang bisa mulai upgrade dari Hangouts ke chat," tulis Google dalam blognya seperti yang dikutip dari Cnet, Sabtu 17 Oktober 2020.

Baca Juga: Memanfaatkan Larva Lalat, Inovasi Mahasiswa ITS untuk Teknologi Pengolahan Sampah Organik

Pengguna Hangouts tidak perlu khawatir. Percakapan Hangouts otomatis bersama dengan kontak dan history. Di sana terdapat transisi yang telah disiapkan Google.

"Untuk memastikan transisi yang mulus, kami akan membantu memindahkan percakapan Hangouts kalian secara otomatis, bersama dengan kontak dan history yang tersimpan," tandasnya.

Baca Juga: Operasi White Ops, Google hapus ratusan aplikasi di Play Store

Jika nama Chat terdengar kurang familiar, layanan mirip Slack ini awalnya hanya tersedia untuk pengguna bisnis yang memiliki akses terhadap G Suite/Workplace. Awalnya semua pengguna Hangouts dialihkan ke Chat, layanan ini sekarang digratiskan untuk semua pengguna.

 

Chat memiliki fitur tambahan untuk percakapan dan kolaborasi di dalam grup, sekaligus fitur keamanan baru. Nantinya Chat akan diintegrasikan dengan aplikasi Gmail bersama dengan Rooms dan Meet.

Baca Juga: Epic Games Tuding Google dan Apple Lakukan Praktik Antikompetisi

Halaman:

Editor: Alfian Nawawi

Sumber: CNET, RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X